Troubleshooting Jaringan Komputer
Membangun jaringan wireless komputer sederhana
dirumah atau dikantor kecil adalah cukup mudah dilakukan dengan tersedianya
berbagai macam perangkat jaringan terutama wireless router yang sudah
terintegrasi dengan modem seperti DSL-2640 D-Link atau DGND3300 NETGEAR. Akan tetapi terkadang tidak
sesederhana seperti dalam teorinya, masalah jaringan kerap kali terjadi yang
memaksa kita sendiri harus melakukan troubleshooting jaringantersebut.
Troubleshooting
jaringan kebanyakan adalah melakukan
serangkaian langkah2 untuk mengeliminir potensi2 masalah satu per satu sebelum
akhirnya kita menemukan sumber masalah tersebut. Pada dasarnya ada tiga langkah
pokok dalam melakukan troubleshooting jaringan wireless di rumah atau dikantor
yaitu: mengisolasi masalah; troubleshooting masalah; dan bila perlu menghubungi
technical support yang tepat.

Mengisolasi
Masalah
Sebelum melakukan troubleshooting jaringan,
kita perlu melokalisasi atau mengisolasi apa yang menjadi akar dari masalah
tersebut. Artikel ini dikhususkan pada jaringan wireless dirumahan atau
dikantor kecil, walaupun teorinya bisa diterapkan pada metoda troubleshooting masalah jaringan di corporate network juga.
Umumnya pada jaringan wireless dirumah atau dikantor kecil, terdapat tiga layer
seperti terlihat pada gambar diagram dibawah ini, yaitu Internet, modem /
router, dan komputer pada jaringan. Kita harus bisa mengisolasi di layer yang
mana masalah tersebut berada sebelum kita melakukan troubleshooting jaringan
dengan efektif.
Layer Jaringan untuk isolasi masalah
jaringan di rumah
Walaupun mungkin saja kita bisa
memperbaiki hampir semua masalah jaringan, mengetahui di layer mana akar
masalah nya adalah sangat membantu kita jika seandainya situasinya memaksa kita
harus menghubungi technical support misal ke vendor atau ke ISP jika sudah
mentok tidak bisa memperbaikinya setelah kita melakukan troubleshooting
jaringan tersebut.
Bagaimana cara mengetahui di layer
mana akar masalah nya, kita bisa mengikuti langkah berikut dengan asumsi
komputer kita menggunakan Windows XP / Vista.
1. Click Start => Control Panel => Click Network and Internet Connections
2. Dibawah Network and Internet Connection =>
Click Network Connection
3. Sekarang kita bisa melihat status dari koneksi NIC network
adapter pada komputer kita dibawah Network Connections window
dengan kemungkinan status sebagai berikut:
A
> Status adalah Connected akan tetapi tidak bisa akses internet
Connected Status
Status ini menunjukkan bahwa
komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna, yaitu terhubung kepada
router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas. Jika jaringan
wireless, maka komputer terhubung kepada wireless router dengan baik. Hal ini
menunjukkan ada masalah pada layer atas yaitu Internet.
Untuk bisa melakukan troubleshooting
jaringan dengan status ini, kita bisa mengikuti langkah berikut ini.
1. Pastikan terlebih dahulu dengan membuka browser internet
kita dan check ke website tertentu misal saja ke www.computer-network.net atau
ke www.wireless-router-net.com atau
kemanapun. Jika anda bisa mengkases website tertentu akan tetapi website yang
lain bagus, berarti tidak ada masalah pada sisi jaringan anda. Masalah terletak
pada fihak ISP yang mungkin salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama
sekali anda tidak bisa membuka internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
2. Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable
line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.
3. Lepaskan sambungan wireless router dari modem (sambungan
antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router), tunggu beberapa
saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai perangkat terpisah antara
wireless router dan modem.
4. Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan akses
website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya lambat sekali
sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari dua komputer dalam
jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang lain sedang mengkonsumsi
bandwidth sangat intensive mungkin sedang streaming HD media dari internet atau
banyak melakukan sharing files dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain
tersebut beberapa aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara
untuk memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan
langkah berikut ini.
5. Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah,
cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda
langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet. Jika
anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan
wireless router anda.
6. Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses
internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada masalah
dengan IS P anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada masalah dengan
layanan Internet.
B
> NIC atau wireless adapter status disabled
Disabled status
Jika
gambar status diatas ini buram abu2 maka dipastikan bahwa adapter dalam keadaan
Disabled. Ada seseorang yang secara tidak sengaja men-disabled nya atau mungkin
anda sendiri yang iseng coba-coba klik sana sini dan klik Disable. Klik kanan icon tersebut dan pilih Enable.
C
> limited or no connectivity Status
Limited or no connectivity status
Kondisi limited or no
connectivity pada dasarnya tidak ada masalah dengan komputer
anda, koneksi ke router atau modem juga tidak ada masalah, akan tetapi
konfigurasi wireless router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan
konfigurasi DHCP pada router tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem
dan internet (jika fihak ISP memberikan layanan
DHCPkepada clients).
Troubleshooting
jaringan dengan status limited or no
connectivity ini disebabkan beberapa masalah berbeda termasuk
koneksi internet yang gagal, wireless router atau adapter yang tidak
dikonfigure dengan benar. Ikutin petunjuk berikut ini untuk troubleshooting
jaringan dengan status ini.
1. Klik kanan adapter tersebut dan pilih Repair. Perhatikan apakah sudah normal connected atau
masih limited. Langkah ini memastikan untuk mendapatkan IP address dari DHCP
server.
2. Buka property TCP / IP dari adapter anda dan pastikan
bahwa TCP/IP konfigurasinya adalah obtain IP address
automatically.
3. Putuskan koneksi ke modem, tunggu sebentar dan koneksikan
lagi.
4. Jika ada wireless router terpisah dengan modem, putuskan
koneksinya – tunggu beberapa saat dan hubungkan lagi.
5. Restart komputer anda
6. Sampai langkah ini masih juga status limited, maka lihat
konfigurasi router atau apakah konfigurasi DHCP nya sudah enabled.
7. Restart komputer anda. Jika status masih Limited or no
connectivity , dan jika wireless komputer dan modem terpisah, cobalah putuskan
modem dan router terus koneksikan komputer anda langsung ke modem. Restart
komputer dan periksa apakah status sudah berubah.
8. Jika masih juga status limited, hubungi ISP anda. Status ini
menunjukkan adanya DHCP gagal fungsi tidak bisa memberikan IP address ke
clients. Biasanya fihak ISP memberikan konfigurasi DHCP kepada clients.
D
> Cable terputus atau lepas
Status kabel jaringan terputus
Kondisi ini menunjukkan koneksi
kabel terlepas, tidak ada koneksi ke router / modem.
1. Periksa apakah ada kebel terlepas
2. Jika kabel sudah terhubung sempurna ke router / Switch,
cobalah swap ke port lain pada router / Switch. Anda juga bisa memeriksa status
lampu pada router atau switch saat kabel terhubung ke komputer nomor berapa
port tersebut terhubung, biasanya lampu akan berkedip jika ada hubungan ke
wireless router / switch pada port yang bersangkutan.
3. Jika masih juga status terputus, cobalah ganti kabel
jaringannya dengan yang baru atau coba pinjam dengan kabel yang
terbukti jalan dari komputer sebelah.
4. Jika masih status terputus, sementara komputer lain jalan –
maka anda bisa mencurigai adapteranda
rusak. Gantilah dengan yangbaru.
E
> Wireless adapter tidak dapat terhubung kepada wireless network
Tidak ada koneksi ke wireless
network
Status ini menunjukkan koneksi
wireless adapter anda terputus dengan jaringan wireless anda. Ada dua
kemungkinan, adapter wireless anda tidak bisa terhubung ke wireless network
anda, atau koneksi wireless intermittend.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home